Monday 16 December 2013

Benarkah Kangkung Itu Ilegal?


Terima Kasih Untuk Mimin, Momod & All Kaskuser


Quote:NO REPOST


Quote:





Quote:Quote:Bagi sebagian negara-negara di Asia, terutama wilayah Asia Tenggara dan Asia Timur Jauh, kangkung merupakan jenis tanaman yang sangat populer dan memiliki banyak sekali penggemar. Selain karena rasanya yang nikmat, kangkung juga dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik. Tapi ternyata hal ini tidak berlaku di Amerika. Di negara tersebut tanaman kangkung termasuk kedalam kategori tanaman ilegal dan jika ditemukan aparat terkait berhak untuk memusnahkannya.


Tanaman kangkung, dalam istilah botani disebut Ipomoea aquatica, memiliki panggilan yang berbeda di beberapa negara. Beberapa nama yang digunakan untuk menyebutkan tanaman kangkung antara lain water spinach, water morning glory, water convolvulus, morning glory, ong-choy atau swamp cabbage. Secara mengejutkan ternyata tanaman yang banyak kita jumpai di Indonesia ini ternyata dinyatakan sebagai tanaman berbahaya oleh Federal Noxious Weed Act.



Federal Noxious Weed Act sendiri merupakan sebuah badan di Amerika yang bertugas untuk mengawasi pertumbuhan dan penyebaran segala jenis tumbuhan di negeri tersebut. Dengan kewenangan yang diberikan oleh Sekretaris Kementrian Agrikultur Amerika, badan ini berhak untuk melakukan penetapan terhadap tanaman yang dianggap berbahaya dan melakukan tindakan yang diperlukan terhadap tanaman tersebut termasuk memusnahkannya.

Berdasarkan sebuah daftar yang dikeluarkan oleh Federal Noxious Weed Act, tanaman kangkung termasuk dalam tanaman yang berbahaya. Melakukan impor atau penyebaran tanaman kangkung, termsasuk juga benihnya, antar negara bagian di Amerika dinyatakan sebagai sesuatu yang ilegal. Pada beberapa negara bagian, tanaman kangkung dinyatakan tetap boleh ditanam untuk konsumsi yang bersifat pribadi dan harus dengan seizin badan yang berwenang.

Lantas kenapa sebenarnya tanaman kangkung dilarang di Amerika? Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan bahwa benih, bunga dan daun tanaman kangkung mengandung suatu senyawa yang disebut alkaloid ergoline. Senyawa ini selama berabad-abad telah digunakan banyak kebudayaan penduduk Mexico sebagai sebuah entheogen (sebutan senyawa psychoactive yang digunakan dalam kegiatan keagamaan atau spiritual) dan diklasifikasikan sebagai hallucinogens.

Benih dari morning glory kabarnya mampu menghasilkan efek yang sama kuatnya dengan LSD (lysergic acid diethylamide) ketika diambil dalam jumlah yang besar. LSD sendiri di banyak negara, termasuk Indonesia, dikategorikan sebagai zat psikotropika dan dilarang peredarannya. Tampaknya pemerintah Amerika yang menyadari bahaya penyalahgunaan tanaman kangkung tersebut memilih untuk melakukan tindakan pencegahan terlabih dahulu.


sumber

Quote:THANKS YANG UDAH LEMPAR CENDOL Dan Abu-abunya KE ANE


Quote:TAMBAHAN DARI KASKUSER
Quote:Original Posted By cuplizcat â–º
tambahan nih bro kalo yang belom tau..
kangkung itu punya yang namanya zat besi kalo d masak..
nah zat besi ini dlm bentuk anion yaitu Fe2+ dan Fe3+..
kalo misalnya ny nih masak kangkung,itu zat besinya msh dlm bentuk Fe2+..
tapi kalo kangkung itu itu d masak ulang ato di panasin,kandungan zat besi ny berubah jd Fe3+..
nah Fe3+ ini sbnernya yang berbahaya buat tubuh kita gan

jadi kesimpulannya:
1. jangan masak kangkung terlalu lama n terlalu panas (liat sendiri deh kalo d resto gitu pasti tumis kangkung ny kaya stngah mateng semua kan?)
2. kalo bikin tumis kangkung,jangan pernah di panasin lagi (kbiasaan org indo kalo msk ssuatu biar gk basi hrs d panasin ) padahal kalo di panasin lagi malah berbahaya buat tubuh kita..

CMIIW ya

sumber: dosen ane





Quote:Coment Para Kaskuser

Quote:Original Posted By Japrax0292 â–º
Yap mungkin itu efeknya gan, kalau orang awam bilangnya abis makan kangkung bikin ngantuk, kayanya sih itu Efeknya, tapi menurut ane itu cuman sugest ajh gan, toh kita abis makan ya kekenyangan nyelonjor tidur dah,
Ini sayuran yang menurut ane sangat-sangat Fenomenal enaknya gan,

Quote:Original Posted By budiriyanto â–º
Wah, gimana nih, istri sering masak oseng kangkung... Tapi, kalau dipikir kebelakang, mbah buyut kita makan nya ya sayuran seperti yang kita makan sehari-hari, jaman dulu belum ada fast food. Kalau dirunut, mereka dulu berumur panjang dengan kondisi yang seadanya, dan juga belum mengenal penyakit macam-macam seperti saat ini.

Artikel yang bagus, akan tetapi kalau musuhnya ame*ika, saya ragu jika gak ada udang dibalik batunya.

Hehehhehee....



Quote:Original Posted By adiswasana â–º
pantesan teman yg kul di amrik sono ane pas chat ngeluh susah cari kangkung...bahkan dikirimin emaknya dari lombok ntb <kalo di lombok namanya plecing> pas di bandara di sita.... ealah ini toh....kwkwkwwkwkwk
padahal teman ane pas sama2 masih kul di malang doyan banget ma tumis kangkung... ketagihan malah...kuapokkk kwwkwkwkwk

Quote:Original Posted By elnuan7 â–º
waduhh..
bru tau ane gan, pdhal kangkung enak gan
tp pantesan aj tiap mkan tuh kangkung buat ngantuk trus
nice info gan

Quote:Original Posted By taypinsan â–º
kangkung klo diproduksi di pinggir sungai jelas bahaya gan
tapi orang2 jmn sekarang udah pinter
mreka nanemnya di lahan kosong
jadi aman buat dikonsumsi

Quote:Original Posted By Isoya â–º
pantesan kalo udah makan kangkung pasti bawaannya ngantuk

Quote:Original Posted By DarknessNight â–º
Semoga di indonesia ke depan nya ga di larang peredaran nya nih kangkung sama BNN..BNN kan suka lebay..
Kalo ga ane ga bisa makan kangkung hot plate lagi gan..

Quote:Original Posted By tekutefu â–º
untung ane idup diindonesia gan
kalo di amerika ane kaga bisa makan tumis kangkung dong
ane pan suka bgt tuh sama kangkung

Quote:Original Posted By jellypudding â–º
baru tau gan, ternyata dimexico kangkung u upacara keagamaan dan di amerika kangkung itu ilegal.
Nice info gan

Quote:Original Posted By eckovic â–º
Di sulawesi khususnya di sulteng dan sulut plus gorontalo, cah kangkung merupakan makanan sehari hari untuk menemani ikan bakar dan dabu2... noh..lmkalo dilarang mau didemo jutaan orang????

No comments:
Write komentar