Thursday 27 November 2014

CARA MEMBUAT TULISAN PANGKAT DI MS EXCEL



Terkadang saat membuat tabel atau mengolah data di excel dibutuhkan penulisan bilangan berpangkat. Jika bilangan pangkat tersebut hanya dalam bentuk sederhana seperti sentimeter pangkat dua (cm2, m2,km2,x2dan sejenisnya) maka icukup menggunakan fitur Superscript excel, namun jika bentuk persamaanya lebih kompleks maka sebaiknya menggunakan equation editor (fitur ini hanya terdapat pada microsoft excel 2010, equation editor hanya tersedia untuk word jika anda pengguna microsoft office 2007, 2003).

Dibandingkan Microsoft Word, pada Excel dibutuhkan langkah yang lebih panjang untuk membuat huruf atau angka pangkat, jika di MS Word Anda hanya cukup mengetikkan angka tepat di belakang satuan Meter atau kuadrat misalnya dan secara otomatis Word akan Merubah Angka tersebut menjadi tanda pangkat, di MS Excel Anda tidak dapat melakukan hal yang sama. 

Untuk membuat pangkat di Microsoft Excel ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka dokumen Excel kosong kemudian isikan data misalnya data luas tanah atau apapun yang menggunakan satuan luas yang membutuhkan tanda pangkat, atau anggap saja kita akan membuat angka kuadrat. Dalam kasus ini kita ingin membuat kuadrat setelah M pada cell C2, ketikkan huruf M2, blok angka duanya di C2 kemudian Klik Kanan pada mouse Anda lalu klik Format Cells.
  • Kemudian akan muncul kotak dialog format cells di layar Anda, pada menu Effects centang kotak Superscript lalu OK.
Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel
Format Cell
  • Dan jadilah tanda pangkat pada cell C2 tepat setelah huruf M.
  • Lalu bagaimana bila Anda ingin mengaplikasikan fungsi superscript ke seluruh cell C atau di tabel huruf M tadi hingga beberapa kolom ke bawah, caranya jangan anda tarik dari kotak C2 saja, tetapi copy cell C2 kemudian pastekan ke C3 terlebih dahulu lalu blok C2 dan C3 lalu arahkan kursor ke sudut kanan bawah hingga kursor berubah menjadi simbol (+) dan tarik ke bawah sampai cell yang Anda butuhkan.

No comments:
Write komentar