Berbeda dengan animasi 2D, animasi 3D mempunyai kelebihan dibidang sudut pandang. jika di animasi 2d di mensi hanya ada satu tampilan depan saja, berbeda dengan 3d dimensi yang memilik beberapa sudut pandang tampilan (depan, belakang, atas, bawah, kanan,kiri), jadi intinya si objek bisa dilihat dari belakang depan dan seterusnya. Nah untuk perjumpaan pertama, ane mau bahas tentang cara mengatur Sudut Pandang pada layar di blender. secara default ketika membuka blender akan terlihat kubus (cube), terpampang miring ditengah layar.
Tampilan Kubus |
Berikut penjelasannya (sudut pandang utama yang sering dipakai)
ctrl + up/down (keyboard) = untuk tampilan Full Screen (untuk mengembalikan keukuran semula tekan tombol yang sama)
- 1 = untuk tampilan depan
- ctrl + 1 = untuk tampilan belakang
- 3 = untuk tampilan kanan
- ctrl + 3 = untuk tampilan kiri
- 7 = untuk menampilkan bagian atas
- ctrl + 7 = untuk menampilkan bagian bawah
- 0 = menampilkan sudut pandang kamera
Adapun kemampuan blender beberapa di antaranya yaitu :
- Mendukung untuk bermacam-macam Geometri primitif, termasuk garis poligon, model permukaan, lengkungan, pahatan digital, dan lainnya.
- Memiliki kemampuan rendering internal dan teritegrasi dengan YafRay, sebuah ray tracergratisan (open source).
- Memiliki alat Animasi yang mempunyai key-frame termasuk inverse kinematics, armature,hook, curve and lattice-based deformations, shape keys (morphing), non-linear animation,constraints, vertex weighting, soft body dynamics.
- Memodifikasi efek non-destruktif.
- Mampu mengaplikasikan Script Phyton untuk menciptakan logic, mengimpor dan mengekspor dari format lainnya seperti OBJ, FBX, DXF, COLLADA.
Beberapa fitur unggulan blender antara lain:
- Ø Tool simulasi tingkat lanjut
- Ø Tool modelling berbasis modifier
- Ø Tool animasi karakter yang handal
- Ø Mendukung scripting menggunakan phyton.
No comments:
Write komentar