Saturday 8 November 2014

PENGERTIAN LINUX DAN SEJARAHNYA


SEJARAH LINUX
Sejarah linux , merupakan proyek hobi seorang mahasiswa Finlandia bernama Linus Torvalds. Linux dirancang dengan inspirasi dari sistem UNIX kecil yaitu Minix yang kemudian dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. Linux versi 0.01 merupakan proyek pertama yang dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Lalu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler) dan diumumkan sebagai versi resmi linux pada tanggal 5 Oktober 1991.


image LINUX
LINUX
Pengertian Linux adalah software sistem operasi yang berbasis open source dan gratis untuk disebarluaskan secara luas di bawah lisensi GNU. Pada awalnya linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja dalam berbagai macam perangkat keras komputer dan berjalan dari mulai jenis platform intel x86 sampai dengan RISC.



Beberapa keunggulan dari Linux antara lain:

Bersifat Free atau Open-Source

Berbeda dengan Sistem operasi Windows yang bersifat komersial, sistem operasi Linux bersifat gratis tanpa memerlukan serial key/ keygen sehingga anda tidak perlu takut terkena razia software terlebih bagi perusahaan-perusahaan.

Security Lebih Tangguh

Sistem keamanan pada Linux lebih baik dari Windows. Sebagian besar Virus Komputer tidak bisa menyerang sistem operasi Linux. Selain itu Linux menjalankan proses / perintah akses lebih baik dari pada Windows.

Maintenance Yang Minimal

Linux tidak memerlukan banyak maintenance seperti halnya Windows. Linux tidak memerlukanFasilitas Defragment dll.

Komunitas Yang Solid

Linux memiliki komunitas yang solid di dunia maya dengan keinginan untuk saling berbagi tips, masukan, ide dan kreativitas satu sama lainnya dengan kemampuan untuk memecahkan masalah yang baik.

Minim Crash dan Error

Sistem operasi Linux sangat jarang terjadi Crash atau error seperti halnya Windows. Linux tidak dapat membuat sistem anda unusable seperti yang sering di temukan di Windows. Program yang dijalankan diatas Linux sangat stabil.

Dukungan Format File

Linux dapat membaca beratus atau banyak jenis format file seperti halnya Windows. Bila anda selalu menggunakan Software kantor seperti Microsoft Office, maka dapat menggunakan software lain sejenisnya yaitu Open Office.

Sistem Operasi Pada SuperComputer

Sebagian besar super Computer menggunakan Linux sebagai sistem operasi mereka karena kestabilan dan performanya yang sangat baik.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LINUX
1. Kelebihan
  • Bersifat Open Source, bebas dan terbuka. sehingga tidak perlu biaya untuk mendapatkannya. LISENSI FREE  dan boleh di utak atik semaunya.
  • Linux sekarang sudah mudah di operasikan. kalau dulu pengguna linux identik dengan para Hacker, tapi sekarang orang awam pun sudah banyak yang menggunakannya.
  • Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows, sudah ada aplikasi linuxnya yang dikembangkan oleh Komunitas Linux atau bisa juga menggunakan software emulator.
  • Memiliki pengamanan yang lebih unggul karena di desain multiuser sehingga apabila virus menyerang user tertentu, akan sangat sulit menyebar ke user lainnya.
  • Cocok untuk PC yang memiliki spesifikasi minimum karena linux membutuhkan resource yang lebih kecil dibandingkan Windows.
  • Linux dapat berjalan di dua mode.
  • Jarang crash atau nge-hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer karena linux lebih stabil.
  • Memiliki komunitas di berbagai penjuru dunia.
  • Terdapat beragam pilihan seperti UbuntuFedoraDebianCentosRedHat,OpensuseMandriva, dan sebagainya.

2.  Kekurangan 

  • Banyak user yang belum terbiasa menggunakan linux.
  • Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada linux.
  • Proses instalasinya tidak semudah windows.
  • Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows.
  • Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like, maka mau gak mau harus belajar dulu.
  • Struktur direktori dan hak akses yang membingungkan bagi user yang terbiasa menggunakan windows.

No comments:
Write komentar