Friday 28 November 2014

Penyebab Mata Katarak Dan Jenisnya

Penyebab mata katarak memang sering menjadi pertanyaan banyak orang. Ternyata, salah satu penyebab timbulnya penyakit katarak ini adalah karena terjadinya pertambahan usia. Katarak biasanya terjadi pada seseorang dengan usia yang lanjut. Di indonesia ini sendiri terdapat hampir 90% orang yang berusia 65 tahun ke atas menderita katarak. Kurang lebih 550% orang yang berusia 75 hingga 85 tahun ini akan mengalami pengurangan penglihatan yang disebabkan menderita katarak. Walaupun katarak dapat diobati, namun katarak ini merupakan salah satu penyebab kebutaan.
Penyebab Mata Katarak
Kebanyakan penderita katarak banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya mengalami gangguan penyakit katarak. Hal ini dikarenakan penyakit ini tidak terjadi secara spontan namun berangsur dan perlahan penderita akan mengalami gangguan penglihatan. Dan pada umumnya penyebab mata katarak terjadi perlahan sehingga tidak begitu mengganggu penglihatan awalnya. Penglihatan baru akan terasa kabur setelah katarak berkembang hampir 3 sampai 5 tahun lamanya. Oleh karena itu banyak pasien yang baru menyadari dirinya terkena katarak setelah stadium kritis.
Gejala awal katarak biasanya penderita penyakit katarak akan merasakan gatal di kedua matanya. Bila di siang hari penderita tidak dapat menahan silau pada sinar lampu maupun sinar matahari. Sedangkan di malam hari mata sedikit mengalami gangguan penglihatan atau kabur. Selain itu penderita katarak ini mudah mengeluarkan air mata. Penderita katarak ini juga akan melihat semacam selaput yang terlihat seperti awan. Pada akhirnya selaput tersebut akan merapat sehingga menutup hampir keseluruhan mata. Bila sudah seperti ini, bisa dipastikan penderita akan mengalami kebutaan.
Secara umum ada beberapa jenis katarak, yakni congenital, traumatak, sekunder dan katarak yang disebabkan karena usia. Katarak congenital ini biasa terjadi pada bayi sejak lahir dan berkembang di tahun pertama. Sedangkan traumatik, jenis katarak ini disebabkan terjadinya accident pada mata. Untuk katarak sekunder, jenis ini biasanya terjadi pada pasien diabetes dan akibat konsumsi obat kosrtikosteroid dan prednisone. Akan tetapi jenis katarak sekunder ini lebih sering terjadi pada penderita diabetes. Dan yang terakhir jenis katarak yang disebabkan oleh usia lanjut. Usia memang lebih umum menjadi penyebab mata katarak.

No comments:
Write komentar