Friday 20 March 2015

Kerusakan Pada LCD Laptop, mati total, bergaris, ber ubah-ubah warna putih merah kuning hijau

Oke… Kali ini mimin akan mencoba untuk berbagi pengetahuan yang juga diperoleh dari googling + pengalaman pribadi.
Beberapa kerusakan laptop bisa dianalisa dari melihat tampilan pada LCD laptop. =>laptop di power On Hidup :
Layar Mati bisa disebabkan karena  :

Inverter

Inverter adalah pengubah arus voltase listrik kecil ke voltase listrik besar. Fungsinya sebagai power backlight LCD. Jika inverter ini mati maka layar menjadi gelap. Jika Laptop anda gelap coba hidupkan dengan layar external. Jika menggunakan external layar hidup, coba restart dan kabel layar external di cabut. Kemudian coba hidupkan ulang dan sorot LCD laptop dengan lampu senter. Apakah tampilannya ada / pada saat dihidupkan biasanya akan muncul logo dari brand laptop. Apakah pada saat di sorot dengan senter terlihat logonya? Jika terlihat berarti permasalahannya ada pada power backlight LCD (Inverter). Atau bisa juga karena fuse Putus.

Solusi : Keluarkan inverter dari casing LCD kemudian cek alur komponen terutama pada bagian power. Jika terdapat short, coba dijumper sesuai dengan rangkaian yang telah ada pada skema diagramnya.

Butuh skema diagram laptop kamu, coba cari di google :D

=> VGA (chipset Vga ) Mati

VGA merupakan sebuah IC controller tampilan pada layar LCD. Jika vga ini mati maka layar LCD pun menjadi mati. Ada kalanya LCD masih menyala namun tidak lama kemudian secara tiba – tiba hang dan gambarnya acak dan bahkan pada beberapa kasus LCD mati gelap.

Solusi  : Permasalahan ini hanya bisa diselesaikan dengan rehot, reballing dan ganti Chipset VGA. Rehot tidak direkomendasikan karena tidak bertahan lama.

=> Lampu Panel LCD mati

Kalau kita bisa membongkar LCD pada bagian bawah LCD laptop bisanya terdapat lampu semacam neon kecil Kalau masalah yang terjadi memang dari layar LCDnya yang mati…

Solusi  : Bisa dengan mengganti backlight namun lebih direkomendasi untuk ganti LCD karena biayanya hampir sama.

=> Gagal Boot Pada BIOS

Basic Input Output System atau dalam bahasa Indonesianya Sistem Masukan Dan KEluaran Dasar. Dalam bahasa sederhana, BIOS adalah sebuah sistem yang berfungsi mengontrol hardware ( perangkat keras ) pada laptop meliputi Hardisk, LCD, Keyboard, Mouse, USB, dan lainnya. Maka, kerusakan pada bios bisa berakibat tidak berfungsinya hardware pada laptop termasuk salah satunya LCD.

Solusi : Bisa dengan mereset mainboard (ringan), melakukan flashing bios (berat). Akan tetapi resiko dari flasing bios adalah mati total.

=> Masalah pada RAM

Berfungsi sebagai tempat penyimpanan yang bersifat sementara. Karena Random Access Memory ( RAM ) akan segera menghapus seua yang tersimpan didalamnya begitu sebuah perintah telah selesai di eksekusi.

Solusinya : copot RAM (memory) laptop bersihkan bagian kuningan / tembaga dengan penghapus (Stip) pensil. Karena masalah kotor biasanya juga jadi penyebab RAM bermasalah. Jika tetap tidak ada perubahan, silakan mengganti dengan RAM yang baru.

=> LCD rusak pada bagian panel

Biasanya pada awalnya ditandai dengan adanya garis secara vertical atau horizontal. Garis biasanya lama kelamaan membesar / melebar. Kerusakkan ini terjadi panel LCD bagian atas.

Solusi : dapat dengan memijit (urut) pada tepian LCD. Hal ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati, karena bisa membuatnya semakin rusak. Jika teman IHSC tidak yakin untuk melakukan sendiri, bisa membawa ke lab IHSC. Solusi ini hanya untuk memperbaiki sementara waktu dan bersifat remanent. Jika kamu beruntung, maka bisa tahan lama. Jika tidak, ya lumayanlah dapat digunakan sebulan dua.

=> Kabel Flexible Trouble

Paling sering masalah kabel Flexible VGA, Kabel Flexible ini adalah kabel yang terhubung dari panel LCD  ke socket VGA output mainboard . Kerusaknya akibat seringnya buka dan tutup layar laptop, tetapi juga karena memang sudah umurnya. Biasanya  kerusakan karena kabelnya terjepit atau juga salah satu kabelnya ada yang putus.

Solusi : Hanya dengan mengganti Flexible hal ini dapat diselesaikan. Namun, jika ada yang rajin untuk menghubungkan kabel yang terputus dipersilakan untuk mencoba. Karena tidak ada yang tak mungkin. :)

No comments:
Write komentar