Monday 20 April 2015

Semangka Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Semangka (Foto: Vapable)

Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah mengonsumsi semangka itu aman selama masa kehamilan? Tentu saja semangka itu aman, malahan mengonsumsi semangka saat hamil sangat disarankan.

Semangka kaya akan kandungan air, vitamin C, vitamin B kompleks dan vitamin A. Selain itu, semangka juga kaya akan kalium dan magnesium yang baik untuk kesehatan jantung dan perut.

Makan semangka selama masa kehamilan dapat menyembuhkan sembelit, mengurangi pembengkakan tangan dan kaki, dan masih banyak lagi manfaat semangka bagi ibu hamil. Dirangkum dari Boldsky, berikut delapan manfaat semangka bagi ibu hamil.

8. Meredakan Mual

Mual-mual adalah hal yang lazim dialami ibu hamil. Untuk meredakan mual selama kehamilan, Anda bisa meminum jus semangka setiap pagi hari.

7. Mengurangi Pembengkakan

Saat hamil, tekanan darah ke kaki dibatasi karena tekanan bayi pada pembuluh darah. Oleh karena itu, kaki dan tangan suka bengkak saat hamil. Semangka yang kaya akan kandungan air dipercaya mampu mengurangi pembengkakan.

6. Mencegah Pigmentasi

Pigmentasi kulit sangat umum selama masa kehamilan yang disebabkan tingkat hormon yang meningkat drastis. Semangka dapat membersihkan tubuh dengan membuang semua racun. Dengan begitu, warna kulit akan tampak cerah dan terhindar dari pigmentasi kulit.

5. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi rahim dan membuat bayi lahir prematur. Oleh sebab itu jangan sampai Anda kekurangan air selama masa kehamilan. Agar tubuh tetap terhidrasi Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi semangka untuk memasok cairan ke dalam tubuh. Perlu diketahui, semangka kaya akan cairan yang sudah dikemas dengan vitamin.

4. Mengobati Sembelit

Sembelit juga masalah umum yang kerap dialami ibu hamil. Dengan memakan semangka dapat meningkatkan gerakan usus. Sebab, semangka kaya akan kandungan air yang dapat menciptakan tekanan pada perut.

3. Mengurangi Kram Otot

Selama kehamilan ada perbuahan hormon dan berat tubuh jadi bertambah, sehingga tak heran kalau ibu hamil kerap merasakan nyeri otot dan nyeri tulang. Di sini peranan semangka yang kaya akan magnesium dan kalium untuk mengurangi rasa kram pada otot.

2. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Dalam tahap awal kehamilan, banyak wanita yang berisiko mendapatkan infeksi pada bagian saluran kemih. Karena tidak ada cara untuk mengobatinya saat masa kehamilan, makan semangka dapat menghapus semua bakteri dari saluran kemih.

1. Menyembuhkan Gatal Kulit

Dalam tahap akhir masa kehamilan, banyak wanita yang mengalami rasa gatal-gatal pada kulitnya. Memakan semangka dapat memberikan banyak bantuan untuk mengurangi rasa gatal karena semangka kaya akan air yang mencegah tubuh dehidrasi dan mencegah kekeringan kulit.

No comments:
Write komentar