Thursday 3 September 2015

Tentang Suku Jawa Yg Paling Di Kenal Di Dunia

Suku Jawa adalah suku terbesar yang ada di Indonesia. Tidak heran ketika anda berpergian ke seluruh daerah di Indonesia, pasti anda akan menemukan yang namanya suku jawa. Di kalimantan sendiri, sangat banyak sekali orang jawa, sehingga akan sangat mudah menemukan orang jawa tanpa kesulitan , Contohnya walaupun kita semua tahu bahwa kalimantan adalah tempat dimana suku dayak berada. Tapi hubungan yang terjalin antara suku dayak dan suku jawa sangat harmonis lho.

Suku jawa memang tersebar luas dan sangat merata di Indonesa, jadi sudah bukan hal umum lagi ketika kita mendapati mereka di daerah manapun di Indonesia. Berbicara tentang penyebaran suku jawa, ternyata suku jawa selain terkenal di Indonesia, suku jawa juga sangat terkenal di dunia, setidaknya ada 5 hal yang tentang suku jawa yang paling di kenal dunia. Apa saja kelima hal tersebut ? berikut ulasannya :

#1. Salah Suku Paling Ramah di Dunia
Apakah anda orang jawa ? wah, pasti bangga donk ketika mengetahui suku jawa merupakan salah satu suku paling ramah di dunia. Memang penulis sendiri merasakan betapa ramahnya suku jawa itu. Sifat asli suku jawa yang suka merendah dan tidak suka menyombongkan  segala sesuatu dan lebih cenderung mengungulkan orang lain daripada diri sendiri. Walaupun hanya segelintir orang jawa saja yang masuk dalam kategori amburadul, tapi secara umum orang jawa adalah orang yang sangat ramah. Ya tentu saja hal ini menjadi dasar yang cukup kuat menjadikan suku jawa sebagai salah satu suku paling ramah di dunia.

#2. Bahasa Pemrograman Java berasal dari Jawa
Jika anda adalah mahasiswa teknologi maka anda akan menemukan yang namanya bahasa pemrograman java. Bahasa Java adalah cikal bakal pengembangan aplikasi Android. Nah, yang tidak banyak orang tahu bahwa nama dari bahasa pemrograman Java ini sebenarnya berasal dari minuman kopi yang asalnya dari jawa dan dibuat oleh orang jawa yaitu kopi jawa. Untuk mengingat momen tersebut maka terciptalah sebuah brand bahasa pemrograman java berlambangkan secangkir kopi dan menamakannya Java , atau dalam bahasa indonesia berarti jawa.

#3. Bahasa Jawa ada di Google Translate
Dari semua bahasa dari setiap suku di Indonesia, hanya bahasa jawa saja yang ada di daftar Google Transate. Tak pelak, karena ini, bahasa jawa akhirnya bisa di terjemahkan ke dalam banyak bahasa bersanding dengan bahasa Indonesia dalam aplikasi yang di buat google tersebut. Dengan terobosan ini maka budaya bahasa jawa semakin dikenal luas oleh dunia.

#4. Bahasa Jawa Salah Satu Bahasa yang Banyak di Pakai di Dunia
Berdasarkan penutur aslinya, Nationalencyklopedin menyusun berbagai bahasa yang sering digunakan di dunia, ternyata bahasa jawa adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa jawa berada di posisi 12 dengan digunakan oleh 1,25 % populasi Dunia mengalahkan bahasa negaranya sendiri yaitu bahasa indonesia yang hanya digunakan oleh 1,16 % populasi dunia.

#.5 Kalender Jawa
Yang terakhir adalah kalender jawa, kalender jawa sangat di kenal di dunia, karena kalender jawa adalah satu dari beberapa kalender yang ada di dunia ini. Yang istimewa dari kalender jawa adalah adanya perbaduan yang baik antara budaya islam, budaya hindu-budha dan jawa. Hingga kini kalender jawa masih digunakan oleh banyak orang jawa beriringan dengan kalender georgian.

Itulah 5 Hal Tentang Suku Jawa yang Paling Dikenal Dunia. Ternyata suku jawa juga sangat dikenal oleh dunia. Sebenarnya masih ada banyak lagi tentang suku jawa yang di kenal oleh dunia seperti reog, wayang kulit dan lainnya yang belum terungkap,, :)

No comments:
Write komentar