Friday 28 November 2014

Memahami Pengertian Penyakit Jantung

Pengertian penyakit jantung dapat dijelaskan sebagai suatu keadaan jantung yang kurang baik, sehingga tidak dapat mengerjakan tugasnya dengan baik pula. Karena jantung merupakan organ tubuh manusia yang paling vital, maka penyakit jantung merupakan momok tersendiri bagi sebagian besar orang. Orang yang memiliki penyakit jantung banyak yang meninggal di saat yang tidak terduga. Biasanya terjadi ketika kerja jantung menjadi terlalu cepat sehingga jantung berhenti bekerja. Ketika jantung berhenti bekerja, maka tidak ada yang memompa darah mengelilingi tubuh manusia, dan disaat itu manusia harus tutup usia.
Pengertian Penyakit Jantung
Berdasarkan pengertian penyakit jantung yang telah dijelaskan diatas, dapat diketahui bahwa ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab jantung tidak dapat berfungsi secara optimal. Biasanya penyakit jantung dapat menyerang karena faktor bawaan dan faktor kebiasaan buruk. Untuk faktor bawaan, biasanya orang memiliki otot jantung lebih lemah dari otot jantung orang sehat pada umumnya. Otot jantung lemah memaksa seseorang tidak dapat melakukan aktivitas berat karena jantung yang tidak kuat menerimanya. Sedangkan faktor kebiasaan buruk biasanya disebabkan karena kebiasaan merokok, jarang olahraga, mengkonsumsi makanan dengan kolesterol tinggi, obesitas, stress, jarang beristirahat dan lain sebagainya.
Seseorang yang memiliki penyakit jantung biasanya akan mudah merasa sakit pada bagian jantung ketika melakukan beberapa aktivitas berat. Penyakit jantung yang paling mematikan adalah ketika jantung tiba-tiba terasa sakit dan biasa disebut sebagai serangan jantung. Hampir sama dengan pengertian penyakit jantung, serangan jantung merupakan suatu kondisi dimana terdapat kerusakan pada otot jantung sehingga pasokan darah menuju jantung menjadi lebih sedikit. Biasanya untuk serangan jantung ringan akan terjadi dalam waktu yang tidak lama.
Penyakit Jantung
Penyakit jantung juga masih memiliki beragam jenis. Jenis-jenis penyakit jantung diantaranya yaitu penyakit jantung koroner, yaitu penyakit yang disebabkan oleh tersumbat arteri jantung. Stroke, yaitu penyakit membuat beberapa organ tubuh tidak berfungsi karena pasokan darah ke jantung yang kurang. Gagal jantung, ialah kondisi ketika tidak ada darah yang menuju jantung, serta Aritma dimana denyut jantung sedang dalam kondisi yang tidak teratur. Pengertian penyakit jantung memiliki arti yang cukup luas, jadi sebaiknya anda lebih teratur dalam menjaga kesehatan jantung anda.

No comments:
Write komentar