Friday 28 November 2014

Makanan Untuk Memperlancar ASI

Makanan untuk memperlancar ASI sebetulnya sangat mudah kita jumpai disekitar kita, contohnya saja dari buah – buahan atau sayur mayur yang biasa kita konsumsi. Namun terkadang kita tidak mengetahui bahwa kandungan didalam makanan mempunyai fungsi sebagai salah satu cara untuk memperlancar ASI. Nah, apa saja makanan yang baik dikonsumsi sebagai salah satu alternatif dalam memperlancar ASI? Berikut ini akan kami sampaikan beserta kandungan yang terdapat didalam makanan tersebut.
makanan untuk memperlancar ASI
Makanan pertama adalah Pepaya dimana kandungan pepaya memiliki vitamin A, vitamin C, Asam Folat dan Kalium. Dengan kandungan rendah kolesterol, lemak jenuh dan natrium disamping itu kandungan vitamin pepaya lebih banyak 33% vitamin dan 50% kalium dibandingkan buah jeruk. Kekurangan Kalium sendiri dapat menyebabkan perubahan pada suasana hati yang cenderung lebih mudah depresi, tahu sendiri saat merawat Balita cukup menguras tenaga. Dengan sering memakan buah pepaya secara langsung atau dibuat mix juice dengan buah lainnya dapat menjaga kondisi suasana hati.
Makanan kedua adalah Semangka dimana kandungan dalam semangka memiliki Vitamin A, Vitamin C, Asam Folat dan rendah kandungan lemak jenuh, kolesterol dan natrium. Baik dalam memenuhi kebutuhan ibu menyusui yang membutuhkan lebih banyak 1.5 kali lipat dibanding orang yang tidak menyusui.
Makanan ketiga Pare mengandung vitamin  dan anti oksidan yang mempunyai kegunaan dalam melindungi sel dari kerusakan, selain itu juga meningkatkan kesehatan tulang, gigi, gusi, pembuluh darah, dan mampu meningkatkan penyerapan zat besi.
Makanan keempat dan seterusnya adalah Kacang Hijau, Jambu Air dan Labu Siam. Dimana dari keempat makanan ini memiliki kesamaan kandungan serta kegunaan yang hampir sama. Dengan mengkonsumsi salah satu dari 6 alternatif makanan untuk melancarkan ASI, diharapkan mampu membantu Ibu – ibu muda untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan lebih terpercaya.
Demikian tulisan dalam mengulas cara memperlancar ASI dengan makanan yang sehat, baik dengan buah maupun menggunakan kacang – kacangan. Selain memenuhi secara alami juga ada baiknya Ibu yang dalam proses menyusui untuk tetap mengkonsumi makanan tambahan yang banyak tersedia di mini market maupun supermarket baik dalam bentuk susu maupun dalam bentuk suplemen. Semoga balita bunda sehat selalu dan bisa berkembang menjadi anak yang baik sesuai dengan keinginan si Balita dan keluarga.

No comments:
Write komentar