Friday 28 November 2014

Cara Mengatasi Nyeri Pada Puting

Cara mengatasi nyeri pada puting yang sering dirasakan oleh para ibu saat menyusui, dengan berbagai macam faktor dan latar belakang dari rasa nyeri pada puting tersebut seperti tarikan dan gigitan buah hati yang terlalu berlebihan. Dengan berbagai faktor itulah bisa jadi puting akan terasa lebih nyeri karena kemungkinan tekstur pada puting ibu pecah – pecah bahkan bisa jadi sampai berdarah.
cara mengatasi nyeri pada puting
Saat ini anda sebagai ibu sedang dalam masa menyusui tidak perlu khawatir karena kami akan memberikan 5 langkah cara mengatasi nyeri pada puting. Cara yang kami berikan ini dapat dicoba serta di praktekkan, dengan berbagai cara mengatasi nyeri bisa digunakan sebagai referensi alternatif dalam mengatasi nyeri pada puting.
  • Posisi tepat saat menyusui merupakan langkah utama yang paling baik untuk mengatasi nyeri. Dekatkan buah hati pada payudara anda sehingga posisi hidung buah hati setinggi puting, kemudian berikan rangsangan pada bayi untuk membuka mulut dengan cara menyentuh pipi atau membuka mulut bayi anda.
  • Rileksasi adalah dengan mengompres bagian tersebut menggunakan kain basah yang sebelumnya sudah dicelupkan pada air hangat. Dengan cara ini dapat mengembalikan kelenturan pada bagian puting agar tidak kering.
  • Gunakan krim khusus pada bagian puting anda yang terasa nyeri, dengan krim khusus tersebut juga bermanfaat untuk menjaga kelenturan agar tidak kering dan mudah pecah – pecah.
  • Selain krim khusus bisa juga menggunakan cara lain seperti bahan pereda nyeri yang terbuat dari bahan alami, dan yang tersedia disekitar bunda.
  • Cara terakhir adalah dengan mengoleskan ASI ibu sendiri pada bagian puting untuk melindungi tekstur kulit pada bagian itu. Dimana ASI sendiri mempunyai kandungan anti-bakteri yang cukup banyak sehingga mampu meredam rasa nyeri dan menjaga kelenturan kulit pada area tersebut.
Dengan 5 cara mengatasi nyeri pada puting saat menyusui ini bisa menjadi langkah pertama atai langkah alternatif untuk mengurangi dan mencegah terjadinya rasa nyeri pada saat menyusui. Semoga dengan berbagai cara tersebut dapat menjadikan ibu sebagai bunda yang baik dan tetap memberikan ASI secara eksklusif pada buah hati tercinta.

No comments:
Write komentar