Friday 28 November 2014

Resiko Operasi Angkat Kandungan

Resiko operasi angkat kandungan pada wanita baik menghilangkan sebagian kandungan atau seluruhnya ternyata dapat menyebabkan menopause dini. Berdasarkan penelitian Duke University menyatakan bahwa perempuan yang melakukan histerktomi akan mengalami resiko menopause dua kali lipat. Prosedur histerektomi ini adalah pengobatan umum yang diakibatkan oleh penyakit berbahaya seperti pendarahan berlebihan dan tumor rahim. Kebanyakan pasien menyatakan bahwa dirinya puas dengan hasil pengangkatan kandungan ini.
Resiko Operasi Angkat Kandungan
Seperti penjelasan diatas tentang resiko operasi angkat kandungan yang bisa menjadi pemicu surgical menopause. Terlebih bila hal tersebut dilakukan dengan dibarenginya pengangkatan ovarium. Sebetulnya dampak yang harus diterima seperti surgical menopause tidak selalu terjadi pada setiap individu, tergantung sempurna atau tidaknya proses selama operasi tersebut. Walaupun memang betulperempuan yang telah melakukan pengangkatan kandungan beresiko lebih besar mengalami menopause dini.
Hampir semua wanita yang mengalami menopause dini setelah menjalani operasi pengangkatan kandungan mengalami gangguan fungsi juga kualitas seksualnya. Tak hanya itu, dampak lain yang diakibatan dari menopause dini juga bisa menimbulkan efek penuaan dini. Bahkan banyak terjadi kasus dimana wanita yang pernah melakukan operasi histerektomi atau pengangkatan kandungan ini mengalami penuaan 10 tahun pada wajahnya.
Kasus seperti itu pernah terangkat ke media, yakni wanita asal Inggris bernama Debbie Harvey yang melakukan operasi histerektomi atau pengangkatan kandungan dikarenakan sakit yang dialami saat mengalami siklus menstruasi. Oleh dokter yang menanganinya Debbie disarankan untuk menjalani operasi histerektomi. Setelah beberapa hari pasca operasi histerektomi, kurang lebih 4 hari, Debbie dikejutkan dengan tubuh dan wajahnya yang lebih tua 10 tahun dari usia yang sebenarnya. Selain itu beberapa giginya telah tanggal.
Bagi wanita yang ingin melakukan operasi pengangkatan kandungan sebaiknya pertimbangkan dulu sebelum melakukan operasi. Terkecuali jika memang tindakan operasi itu diperlukan dan disarankan oleh dokter untuk menyelamatkan jiwa anda karena anda mengalami sakit yang serius seperti tumor dan lain sebagainya. Jika hanya mengalami sakit saat menstruasi, sebaiknya lakukan saja pengobatan biasa. Dan hendaknya bagi wanita yang masih muda menjaga betul pola hidup sehat agar terhindar dari resiko operasi angkat kandungan.

No comments:
Write komentar