Saturday 8 November 2014

MEMBUAT VIRTUAL MEMORY PADA WINDOWS XP


Virtual memory adalah suatu teknik yang memisahkan antara memory logis dan memory fisiknya. Teknik ini menyembunyikan aspek-aspek fisik memory dari pengguna dengan menjadikan memory sebagai lokasi alamat virtual berupa byte yang tidak terbatas dan menaruh beberapa bagian dari memory virtual yang berada di memory logis. Atau lebih jelasnya ketika kita menjalankan suatu program yang banyak dan berat (editing Video, Photo, Program, dll) hal itu membutuhkan penggunaan RAM yang besar dan sering kali kita terima notification “Virtual Memory Low”, Itu artinya penggunaan RAM dan virtual memory kita sudah sampe pada batasnya. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menambah virtual memory.

Virtual Memory
Virtual Memory


Salah satu Fasilitas yang disediakan oleh windows xp adalah virtual memory. Virtual memory merupakan memori cadangan yang diatur oleh windows dengan mengalokasikan sebagian ruang hardisk yang dapat digunakan (berfungsi) sebagai memory jika memory fisik (ddr ram) komputer sudah penuh terpakai oleh aplikasi yang berjalan di komputer. Virtual memory ini sangat membantu dalam menunjang kinerja Windows Xp. Anda dapat melakukan setting virtual memory windows di komputer agar kinerja windows xp lebih optimal. Berikut adalah cara mengatur (setting) virtual memory windows.

Berikut adalah cara mengatur (setting) virtual memory windows :

1. Pada start menu pilih setting -> Control Panel. Pada window Control panel double klik
    icon System 

2. Pada kotak dialog system properties, pilih tab Advanced, pada bagian Performance klik 
    Settings

3. Pada kotak dialog performace option pilih tab Advanced klik tombol Change

4. Pada kotak dialog Virtual Memory:
  • Bagian Drive: pilih drive yang akan anda jadikan virtual memory, misalnya D (Usahakan gunakan partisi yang masih kosong, jika tidak ada partisi hardisk anda pilih saja drive C)
  • Bagian Custom Size, ketik angka sesuai memori ram anda (bila ramnya 128 ketik 265/ bila ramnya 256 ketik 512/ bila ramnya 512mb ketik 1024 /bila ramnya 1024 ketik 2048 dst... intinya di 2xlipatkan), saya memilih maximum size 1025 MB.
  • Klik tombol Set
  • Klik tombol OK

5. Tutup kotak dialog yang lain dengan menekan tombol OK.
 
    Virtual memory komputer anda sudah aktif, siap rasakan sensasi dan peningkatan kinerja
    windows xp di komputer anda.

No comments:
Write komentar