Saturday 8 November 2014

MEMFUNGSIKAN FITUR HIBERNATE WINDOWS XP



Hibernate adalah salah satu fitur yang dimiliki Windows XP yang memungkinkan data yang tersimpan pada memori dipindahkan ke harddisk pada saat komputer dimatikan. Dan ketika komputer dihidupkan lagi maka data tersebut akan segera “dipindahkan” lagi ke memori. Dengan “teknologi” seperti itu maka proses shutdown dan booting menjadi lebih cepat karena komputer tidak perlu mengambil data dari harddisk tetapi langsung dari memori.

Turn Of Computer
Turn Of Computer

Selain itu, dengan Hibernate, komputer akan dapat menampilkan aplikasi terakhir yang sedang berjalan ketika komputer dimatikan. Misalkan, sebelum komputer dimatikan, kita masih menjalankan MS Word dan MS Excel maka ketika komputer tersebut dinyalakan lagi, kita akan mendapatkan kedua aplikasi tersebut masih berjalan seperti sebelum komputer dimatikan. Dengan kelebihan tersebut, kiranya fungsi Hibernate ini cocok untuk para pengguna laptop yang “Mobile” yang mungkin sering mematikan dan menghidupkan laptop di tempat-tempat yang berbeda-beda.

Fitur ini sangat berguna terutama untuk para pengguna laptop, contoh kasusnya adalah seperti ketika kita sedang mengerjakan sesuatu dengan membuka banyak program di laptop kita, trus baterai laptop kita sudah mau habis, nah daripada kita close satu persatu semua programnya kemudian men-shutdownnya, mendingan kita hibernate saja laptop-nya supaya nanti pas dihidupkan lagi kita tidak perlu capek-capek buka lagi programnya satu persatu.

Cara mengaktifkan atau menonaktifkan Hibernate dengan : 

A. COMMAND PROMPT

  • Klik Start button lalu ketikkan cmd di kotak pencarian, untuk windows 8 tekan Tombol windows+ huruf Q kemudian ketikkan cmd 
  • Lihat daftar hasil pencarian , klik kanan pada Command Prompt kemudian Run As Administrator, untuk Windows 8 dapat menggunakan tombol windows + huruf X yang ditekan secara bersamaan kemudian pilih Command Prompt (Admin)
  • Command Prompt
    Command Prompt
  • Di Command Prompt ketikkan powercfg.exe /hibernate on , jika ingin menonaktifkan maka    ketik kanpowercfg.exe /hibernate off dan kemudian tekan Enter
  • Setelah selesai tekan tombol close, lalu lihat pada menu shutdown apakah ada atau tidak
B. Control Panel
  • Buka Control Panel > Hardware And Sound > Power Option , atau bisa juga dengan klik kanan icon baterai yang ada di sebelah pojok kanan bawah taskbar jika anda menggunakan laptop. Bisa juga dengan mencari di kolom pencarian yang ada di Menu Start dengan mengetikkan "Power Options"
  • Klik "Change what the power buttons do" yang berada di sebelah kanan
  • Lalu klik teks biru yang bertuliskan "Change settings that are currently unavaiable", lalu scroll ke bagian bawah dan beri tanda centang pada "Hibernate" , jika ingin menonaktifkan maka hilangkan centang dari hibernate.

Masalah yang terjadi Jika Hibernate tidak bisa diaktifkan

  • Kartu Grafis atau VGA tidak mendukung fungsi hibernate
  • Administrator komputer tidak mengijinkan anda untuk mengaktifkan hibernate, jadi pastikan ada login sebagai adminstrator jika ingin merubah pengaturan
  • BIOS tidak mengijinkan fitur Hibernate hidup dengan alasan sebagai penghematan daya

No comments:
Write komentar