Friday 17 April 2015

Komputer Ini Lebih Kecil dari Sebutir Beras. apakah mungkin bisa bekerja optimal??


Komputer Ini Lebih Kecil dari Sebutir Beras
Komputer otonom terkecil di dunia, Michigan Micro Mote (M^3). cnet.com
from Michigan - Seukuran hanya 1 milimeter, Michigan Micro Mote (M^3) diyakini merupakan komputer otonom terkecil di dunia. Selama lebih dari satu dekade, para dosen dan mahasiswa di Departemen Ilmu Komputer Universitas Michigan telah mengembangkan M^3. 

Meskipun ukurannya kecil, M^3 memiliki kemampuan mengambil gambar, membaca suhu, dan merekam pembacaan tekanan. Para peneliti berharap mengimplementasikan komputer mikro ini ke berbagai aplikasi, dari medis hingga industri.

Karena ukuran mikronya, M^3 dapat disuntikkan ke dalam tubuh. Di dalam tubuh, komputer ini dapat melakukan ECG serta pembacaan tekanan dan suhu. Industri minyak juga tertarik memasukkan M^3 ke sumur-sumur minyak untuk membantu mendeteksi kantong-kantong minyak yang masih bisa diambil sebelum pindah ke sumber-sumber baru.

Michigan melihat Mote Micro sebagai cara untuk mencegah kehilangan. Visinya adalah orang akan membeli M^3 dan menempelkan komputer itu ke kunci, dompet, dan lainnya. Menggunakan sistem terpusat, orang dapat menemukan barang-barang mereka.

Ilmuwan telah menemukan cara untuk menurunkan ukuran baterai komputer itu. "Apa yang orang tidak sadari adalah bagian yang sangat besar dari volume komputer, misalnya dalam ponsel sebenarnya dikonsumsi oleh baterai," kata David Blaauw, profesor ilmu komputer di Universitas Michigan.

Peneliti juga menemukan cara yang berbeda untuk berkomunikasi dengan Mote Micro. M^3 diprogram dan dicas melalui cahaya. Dengan nyala cahaya pada frekuensi tinggi, operator dapat mengirimkan informasi ke komputer. Setelah Mote Micro memproses data, ia mampu mengirim informasi ke komputer pusat melalui frekuensi radio konvensional.

M^3 siap diproduksi sekarang. Fakultas dan staf telah berencana menciptakan komputer yang lebih kecil, yang mereka sebut debu pintar.

No comments:
Write komentar