Thursday 6 November 2014

Geser Huawei, Xiaomi Jadi Vendor Smartphone Terbesar Ketiga di Dunia


Tidak lama setelah Xiaomi menggeser Aplle untuk menjadi vendor smartphone terbesar ketiga di Tiongkok, perusahaan yang baru berdiri tahun 2010 itu juga menjadi pemain terbesar ketiga di dunia dengan melengserkan Huawei.
Menurut lembaga survei IHS iSuppli, Xiaomi berhasil menjual hampir 19 juta smartphone di Q3 tahun 2014. Jumlah ini 2,2 juta unit lebih banyak dibanding Huawei yang hanya mampu menjual 16,8 juta unit smartphone. Nama Xiaomi saat ini memang sedang naik daun dengan beberapa kali penjualan online mereka selalu ludes terjual hanya dalam hitungan beberapa menit.
Padahal tahun 2012 lalu, setahun setelah Xiaomi ikut menjual smartphone, perusahaan tersebut baru mampu menjual 5,7 juta unit smartphone, kemudian melonjak tajam dengan total penjualan hingga 18,7 juta unit di tahun 2013. Sepanjang tahun 2014 ini, Xiaomi telah menjual 11 juta ponsel pintar dalam enam bulan pertama.
Tingginya pertumbuhan Xiaomi tidak lepas dari penetrasi ke pasar baru di luar Tiongkok, misalnya ke Hong Kong, Singapura, India, dan tentu saja Indonesia. Riset dari Strategy Analytics mengatakan kalau di kuarter dua tahun ini Xiaomi menjual 15,1 juta unit smartphone dengan 14,6 juta unit diantaranya terjual di Tiongkok.

No comments:
Write komentar