Friday 28 November 2014

Makanan Berbahaya Untuk Ibu Hamil

 seringkali tidak disadari langsung oleh para Ibu Muda, dimana kurangnya informasi mengenai makanan berbahaya untuk Ibu Hamil adalah penyebab utama ketidak tahuan tersebut. Padahal jika makanan berbahaya ini dikonsumsi terus menerus dengan intensitas yang sering bisa menimbulkan hal – hal yang tidak diinginkan. Tentu hal ini bisa saja dihindari jika kita tahu apa saja bahan atau makanan yang berbahaya bagi ibu hamil.
Makanan Berbahaya Untuk Ibu Hamil
Banyak makanan yang beredar saat ini menggunakan tambahan yang tidak alami seperti campuran zat kimia untuk memperoleh rasa tertentu atau tingkat kemanisan tertentu. Padahal jika dipahami lebih dalam makanan tersebut sangat tidak baik dan tidak sehat bagi ibu yang sedang hamil. Minuman kaleng, minuman instan berbentuk serbuk atau makanan ringan lainnya yang mengandung berbagai zat tambahan.

Makanan Berbahaya Untuk Ibu Hamil

  • Pemanis Buatan : memang gula sebagai asupan paling penting bagi Ibu Hamil, menjaga asupan gula juga berfungsi untuk menghindari ressiko diabetes gestasional. Selain itu mengurangi asupan gula juga mampu membuat Anda terhindar dari bobot janin yang terlalu besar sehingga bisa saja mempersulit persalinan normal. Akan tetapi cara terbaik dalam menjaga asupan gula adalah mengontorl bukan menggantinya dengan pemanis buatan. Sakarin salah satu pemanis buatan yang memang aman diperuntukkan bagi manusia, jika dilihat secara lebih lanjut sakarin sangat sulit dicerna dalam tubuh dan dapat masuk ke plasenta dan masuk ke darah janin. Jika hal itu sudah terjadi maka janin akan sangat sulit dalam menetralisir sakarin yang sudah masuk ke darah. Efek samping yang terjadi jika sakarin terakumulasi dalam kandung kemih adalah dapat meningkatkan resiko penyakit kanker kandung kemih.
  • Teh Herbal : mungkin bagi Ibu Hamil mengkonsumsi teh herbal seperti chamomile mampu menurunkan rasa mual yang timbul akibat kehamilan. Akan tetapi informasi mengenai aman tidaknya teh herbal ini masih belum jelas, seperti yang dilansir dari Food and Drug Administration di Amerika Serikat menyatakan bahwa chamomile sebagai bahan herbal yang aman dan tidak membahayakan dan memiliki manfaat. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa Teh Herbal ini masih belum ada informasi lebih lanjut jika di konsumsi oleh ibu hamil. Jadi ada baiknya Anda menurunkan intensitas konsumsi Teh Herbal satu ini.
  • Monosodium Glutamat (MSG) : Zat tambahan makanan yang mempunyai kegunaan sebagai penguat rasa menjadikan makanan lebih gurih dan sedap. Banyak penelitian yang sudah menunjukkan efek dari pemakaian MSG dalam dosis tinggi dapat masuk ke plasenta serta dapat merusak perkembangan otak pada janin. MSG sendiri mengandung sodium dimana hal tersebut bisa memperparah retensi air yang membuat kaki bengkak pada Ibu Hamil. Tetapi karena sodium diperlukan juga oleh tubuh maka Anda bisa mengkonsumsi garam secara wajar untuk memenuhi kebutuhan sodium.
Makanan Berbahaya Untuk Ibu Hamil 2
Memang sering kali kita ingin makan – makanan yang mengandung beberapa bahan yang sudah disebutkan tadi. Asal dalam koridor wajar dan tidak berlebihan kami rasa hal tersebut masih dalam kondisi wajar. Makanan berbahaya untuk Ibu Hamil bisa jadi dikurangi konsumsinya dan dikontrol penggunaannya. Tetap konsultasikan kesehatan ibu hamil kepada dokter Kandungan terdekat di daerah Anda untuk meminimalisir adanya efek samping pada janin.

No comments:
Write komentar