Friday 28 November 2014

Operasi Pengangkatan Rahim Bagi Wanita

Ternyata bukan hanya mengalami penuaan dini saja efek setelah operasi pengangkatan rahim bagi wanita muda, namun ada beberapa efek lainnya. Memang pada dasarnya setiap tindakan medis akan berdampak baik atau justru buruk bagi seseorang. Kebanyakan kasus wanita yang ingin melakukan pengangkatan rahim berharap dirinya sembuh setelah melakukan operasi tersebut. Akan tetapi, wanita yang ingin melakukan tindakan tersebut harus siapa dengan dampak yang ditimbulkan pasca operasi.
Efek Setelah Operasi Pengangkatan Rahim
Salah satu akibat dari operasi pengangkatan rahim bagi wanita adalah terjadinya gangguan seksual. Sebetulnya hal ini bukan diakibatkan oleh pengangkatan rahim itu sendiri, melainkan proses operasinya yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Pada saat proses operasi, seringkali tindakan yang dilakukan mempengaruhi kualitas ovarium yang akan mempengaruhi kualitas seksualnya. Pembuluh darah biasanya akan terpotong yang dapat menyebabkan kerusakan ovarium dan seringkali mengalami rusak permanen.
Kerusakan ovarium tersebut dapat mengakibatkan penurunan sampai penghentian produksi ovum atau sel telur dan juga hormon estrogen. Seperti yang telah kita ketahui bahwa hormon tersebut memiliki peranan yang sangat penting pada fungsi seksual seorang wanita. Hal ini tentunya akan mengakibatkan terjadinya kualitas seksual yang menurun. Pada umumnya wanita yang sudah menjalani operasi ini akan mengalami penurunan gairah seksual. Alat kelamin pada wanita juga tidak akan mengeluarkan cairan saat berhubungan seks sehingga menimbulkan rasa sakit bukan hanya pada wanita saja tapi juga pria. Bahkan tak jarang mereka yang gagal mendapatkan orgasme dari hubungan tersebut.
Selain terjadinya gangguan seksual, efek setelah operasi pengangkatan rahim juga akan menyebabkan terjadinya kemandulan. Seperti yang sudah umum diketahui bahwa rahim adalah organ terpenting sewaktu proses pembuahan atau kehamilan. Otomatis wanita yang menjalani pengangkatan rahim akan berhenti menstruasi pasca pengangkatan rahim, tentu saja hal ini tidak bisa menyebabkan wanita hamil.
Akan tetapi wanita yang mengalami pengangkatan rahim jangan berkecil hati dulu karena tindakan tersebut dilakukan karena upaya penyelamatan nyawanya. Jika wanita bisa berfikir positif seperti itu, maka, wanita tidak akan mengalami depresi dan penyesalan yang berlebihan pasca melakukan operasi angkat rahim. Bagi remaja disarankan agar menjaga asupan gizi agar dapat melakukan pencegahan dini terjadinya penyakit yang berhubungan dengan rahim ini karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Jangan sampai anda mengalami efek setelah operasi pengangkatan rahim yang terdengar menyeramkan ini.

No comments:
Write komentar