Friday 28 November 2014

Manfaat Gandum Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat gandum untuk kesehatan jantung sering kali dibahas dari berbagai sudut pandang, dan memang gandum sendiri mempunyai zat yang berguna bagi kesehatan jantung. Maka dari itu, alangkah baiknya jika anda mulai mengganti makanan anda dengan gandum, terlebih sebagai menu dipagi hari. Beberapa makanan berbahan dasar gandum seperti oatmeal dan sereal ini dapat menjadi menu andalan anda dipagi hari.
Manfaat Gandum Untuk Kesehatan Jantung
Menurut beberapa penelitian yang dilakukan di universitas Amerika Serikat, orang yang mengkonsumsi sereal gandum atau oatmeal secara rutin memiliki resiko terkena serangan jantung lebih sedikit dibanding yang tidak mengkonsumsi makanan berbahan dasar gandum. Seperti yang kita tahu bahwa biji-bijian dari gandum kaya vitamin, tinggi kandungan seratnya, mineral dan juga antioksidan. Dari 10.000 dokter yang melakukan analisa di Amerika Serikat menyatakan bahwa orang yang memiliki kebiasaan rutin mengkonsumsi sereal gandum atau oatmeal di pagi hari, resiko terjadinya serangan jantung berkurang sampai 28%.
Para dokter tersebut kemudian melakukan pendalaman lagi dan menyatakan bahwa orang yang melakukan sarapan di pagi hari sekitar 2 hingga 5 kali dalam seminggu resiko terkena serangan jantung akan turun hingga 22%. Sedangkan yang hanya mengkonsumsi makanan berbahan dasar gandum selama seminggu sekali, maka resiko serangan jantung akan berkurang hingga 14%.
Sereal berbahan dasar gandum ini bukan hanya disukai oleh anak-anak melainkan orang dewasa dan manfaat gandum untuk kesehatan jantung dapat dirasakan oleh mereka. Sereal atau oatmeal yang menggunakan gandum sebagai bahan dasarnya ini memang kaya serat sehingga sangat efektik untuk menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah. Hal ini tentunya dapat menjaga kesehatan jantung anda supaya terhindar dari serangan jantung.
Gandum Kesehatan Jantung
Manfaat dan kebaikan gandum juga dapat menghilangkan lemak perut sampai empat persen. Selain itu juga dapat mengontrol kadar gula darah untuk pencegahan penyakit diabetes, kardiovaskular dan obesitas. Gandum ini juga berfungsi mencegah dari radikal bebas karena gandum diperkaya oleh enzim antioksidan. Sehingga gandum bukan hanya bisa mengurangi penyakit jantung dan radikal bebas saja, akan tetapi juga penyakit ganas seperti cancer atau kanker. Nah, maka dari itu lakukan pencegahan resiko penyakit tersebut dengan mengetahui manfaat gandum untuk kesehatan jantung anda.

1 comment:
Write komentar