Tuesday 14 April 2015

Soal Matematika Tergila Di Singapura


Soal matematika siswa sekolah menengah pertama (SMP) di Singapura bikin heboh dengan pertanyaannya yang bisa membuat seluruh orang di dunia menggaruk kepalanya.

Berawal dari seorang pembawa acara Hello Singapore, Kenneth Kong, mengunggah soal membingungkan ini ke akun Facebook-nya pada hari Sabtu (11/4/2015). Dalam postingannya itu, ia mengatakan bahwa pertanyaan tersebut memicu debat dengan istrinya.

Berikut pertanyaan soal matematika tersebut, yang dikutip dari Kompas.com.

Albert dan Bernard baru saja berteman denga Cherly dan mereka ingin mengetahui hari ulang tahunnya. Cherly lalu memberikan 10 pilihan, yaitu:

15 Mei, 16 Mei, 19 Mei
17 Juni, 18 Juni
14 Juli, 16 Juli
14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus

Cherly kemudian mengatakan kepada Albert dan Bernard secara terpisah tentang bulan dan tanggal ulang tahunnya secara berurutan.

Albert dan Bernard kemudian membuat pernyataan:

Albert: Saya tidak tahu kapan ulang tahun Cherly, tetapi saya yakin Bernard tidak mengetahuinya juga.

Bernard: Awalnya saya tidak tahu ulang tahun Cherly, tetapi saya sekarang tahu.

Albert: Berarti saya juga tahu ulang tahun Cherly.

Jadi, kapan ulang tahun Cherly?

Karena pertanyaannya yang sangat membingungkan, banyak komentar yang terbilang meledek. Ada yang bertanya, kenapa Cherly tak memberitahukan saja hari ulang tahunnya. Lalu ada yang menanggapi, mungkin Cherly sedang mensturasi.

Kalau menurut Anda, bagaimana?

No comments:
Write komentar